Gaji UMK Kota Semarang 2017

Sebelum mengesahkan UMK Semarang 2017, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah terlbeih dahulu menetapkan UMP Jawa Tengah untuk tahun 2017 yakni sebesar Rp 1,367,000. Aapun untuk UMK Kab. Semarang 2017 sudah di usulkan kepada Gubernur Jateng dengan besaran Rp1.743.000 atau naik Rp133.000, dibanding UMK Kab. Semarang yang berlaku tahun 2016 ini yang hanya Rp1.610.000.
Kota semarang sebagai ibu kota propinsi jawa tengah merupakan kota tersibuk di jawa tengah. Aktifitas pertumbuhan ekonomi di kota semarang yang paling dinamis mempengaruhi tingkat kehidupan masyaraktat kota semarang. Sehingga penetapan umk semarang 2017 selalu lebih tinggi dari pada kota-kota lain di jawa tengah. Sebagai salah satu kota metropolitan di indonesia kota semarang memilliki jumlah penduduk hampir mencapai 2 juta dan luas wilayah 373,7 km2. 
Secara geografis wilayah kota semarah terbelah menjadi dua yaitu wilayah di dataran rendah biasa diseut wilayah kota bawah meliputi semarang bagian utara, dan daerah dataran tinggi atau wilayah kota atas meliputi daerah candi, mijen, banyumanik dan tembalang. 
Perkembangan pembangunan insfrastruktur di kota semarang dewasa ini semankin pesat, semakin banyaknya pembangunan gedung pencakar langit, jalan tol dan pembenahan fasilitas transportasi baik darat, laut dan udara.

Sumber perekonomian kota semarang berdasarkan data bps tahun 2012 didominasi sektor industri dan perdagangan. Geliat sektor industri dan pedagangan setiap tahun semakin meningkat membuat daya beli masyarakat juga semakin meningkat. Meningkatnya daya beli masyarakat menunjukkan pertumbuhan ekonomi secara global. Seiring dengan perkembangan teknologi, sosial dan ekonomi proses penetapan umk suatu wilayah sekarang tidak lagi berdasarkan kfm (kebutuhan fisik minimum) maka untuk lebih meningkatkan produktifitas kerja maka digunakan lah penghitungan berdasarkan standar kebutuhan hudup layak ( khl) untuk menetapkan umk semarang 2017.
Penghitungan upah minimum kota berdasarkan standar kebutuhan hudup layak atau khl, dengan mempertibangkan produktifitas dan pertumbuhan ekonomi suatu kota. Sehingga setiap wilayah mempunyai umk yang berbeda beda. Bila suatu wilayah pertumbuhan ekonominya selalu posistif setiap tahun secara logiga nilai umk (upah minimum kota)kota tersebut juga semakin naik. Pada tahun 2016 umk kota semarang sebesar rp. 1.909.000. Berlaku sefektif mula taggal 1 januari 2016, bedasarkan keputusan gubernur pada 1 november 2016 umk semarang 2017 akan naik 11%. Penetapan dan pengumuman umk dilakukan oleh gubernur secara serentah seluruh indonesia pada tanggal 1 november. 
Gubernur dalam menetapkan umk dibantu oleh dewan pengupahan provinsi, masukan bupati / walikota. Pemberlakuan umk yang tellah ditetapkan gubernur akan berlaku pada 1 januari tahun berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gaji UMK Kota Semarang 2017

0 comments:

Post a Comment