Upah Minimum Kota atau UMK Surabaya 2017

UMK Surabaya 2017 - Surabaya merupakan kota besar di Provinsi Jawa Timur. Meskipun termasuk kota besar, namun ternyata besaran upah atau gaji di kota dengan simbol suro dan boyo ini tak terlalu besar dibanding dengan harga kebutuhan sehari-hari. UMR provinsi Jawa Timur sudah ditetepkan gubernur jawa timur, namun UMK Surabaya 2017 masih dibahas lebih lanjut bersama pemerintah, buruh, serta pengusaha pada tanggal 21 November 2016 nanti. 
Namun yang pasti UMK tahun 2017 tentunya besarannya lebih banyak dibanding dengan UMK tahun 2016 karena nilai apapun juga sudah naik atau berganti harga. UMK nanti ditetapkan dilihat dari perimbangan beberapa faktor, antara lain pertumbuhan ekonomi provinsi Jawa Timur ditambah dengan inflasi tahun ini. 
Tahun 2016, UMK terendah di provinsi jawa timur jatuh pada kota magetan, trenggalek, ponorogo serta pacitan. Berarti UMK kota surabaya masih aman, bukan yang terendah dibanding kota lain. Lalu berapa UMK Surabaya 2017? Untuk Umk tahun 2016, pada tanggal 20 November 2015, gubernur jawa timur bapak Soekarwo secara resmi mengumumkan Rp. 3.045.000 yang berlaku per tanggal 1 Januari 2016. Otomatis UMK Surabaya untuk 2017 juga akan di atas UMK tahun 2016, yaitu tetap di atas kisaran 3 jutaan. Para buruh meminta kenaikan UMK didasarkan pada nilai kelayakan hidup, namun hal ini masih dibahas lebih lanjut oleh lembaga-lembaga berwenang. Kita tunggu saja kabar baiknya segera.

Di balik permintaan kenaikan UMK oleh para pekerja atau buruh, ternyata ada dampak positif serta dampak negatif yang menyertai. Apa saja dampaknya? Dampak positif adanya peningkatan UMK adalah adanya tingkat kebutuhan dan lowongan pekerjaan, memacu para pengusaha untuk lebih aktif, inovatif, serta kreatif, memotivasi para pekerja, meningkatkan nilai konsumtif domestik. 
Baca juga : Update UMK DKI Jakarta 2017
Sementara itu dampak negatif dari kenaikan UMK adalah adanya penumpukan tenaga kerja pada salah satu tempat saja, kesejahteraan pekerja yang tidak merata, bertambahnya perusahaan yang akan tutup karena tidak mampu menggaji karyawan sesuai UMK, serta meningkatnya nilai inflasi. 
Setelah mengetahui dampak positif dan dampak negatif yang akan mengikuti peningkatan UMK, maka marilah bersama-sama kita berdoa agar UMK Surabaya 2017 sesuai dengan kebutuhan kita dan baik untuk semua pihak, baik untuk pekerja, pengusaha, maupun pemerintah. 
Infonya draft kenaikan UMK Surabaya 2017 sudah ada di disnakertrans jawa timur, yakni nominal UMK kota surabaya 2017 sebesar Rp 3.296.220 atau naik sekitar Rp 250ribuan dr UMK Surabaya tahun lalu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Upah Minimum Kota atau UMK Surabaya 2017

0 comments:

Post a Comment