Ini UMK Batam 2017

UMK Batam 2017 - Tingginya pendapatan perkapita penduduk kota Batam karena ditopang kondisi geografis dan iklim usaha yang signifikan. Upah minimum kota atau UMK yang diterapkan pada setiap daerah, setiap tahun dievaluasi. Pada tanggal 1 januari 2016 upah minimum kota atau UMK batam ditetapkan sebesar  sebeasar 2.994.112 dan di harapkan UMK Batam 2017 akan naik, mengingat pertumbuhan ekonomi dikota Batam menunjukkan trend kenaikan. 
Penggerak ekonomi yang lengkap di segala lini di kota batam seperti sektor komunikasi, sektor listrik, air dan gas, sektor perbankan, sektor industri dan alih kapal, sektor perdagangan dan jasa turut andil memompa laju perekonomian kota batam. Keberadaan beragam kegiatan perekonomian di Kota ini juga berpengaruh pada peningkatan jumlah lapangan pekerjaan.
Penetapan kota Batam sebagai kawasan perdagangan bebas Indonesia / Indonesia Free Trade Zone membuat kota Batam sangat mendukung iklim investasi, percepatan pertumbuhan ekonomi melaju secara luar biasa. Otoritas kota Batam sebagai pengelola BP Batam (Badan Pengusahaan Batam) bertanggung jawab mengurus dan mengelola Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas. 

Kawasan pelabuhan bebas meliputi pelabuhan di Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Karimun mendapat keistimewaan berupa izin bebas pajak barang ekspor-impor. Keputusan ini berlaku mulai 1 April 2009 berdasarkan surat keputusan Menteri Keuangan dan Menteri Perdagangan. Kondisi sosial ekonomi yang stabil di Batam sejak ditetapkan sebagai kawasan perdagangan bebas diharap proses penetapan UMK Batam 2017 berjalan lancar
Banyaknya industri dan pendiirian pabrik yang berada di Bantam secara otomatis membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Tuntutan kesejahtreraan pekerja sesuai KHL baik disektor formal dan informal membuat dewan penggajian kota, perwakilan pekerja dan asosiasi pengusaha berembuk bersama.  
Baca juga : Kenaikan UMK Jakarta 2017
Usulan kenaikan UMK Batam 2017 diharapkan akan meningkatnkan kesejahteraan tenaga kerja sehingga membuat kinerja tenaga kerja dan perusahaan juga ikut meningkat.  Hal ini menjadi acuan bagi pemerintah daerah , pelaku usaha dan serikat pekerja untuk mengevaluasi secara rutin penetapan UMK setiap tahunnya. Semoga tahun 2017 adalah tahun terbaik untuk kebijakan ini.
Update : Hasil rapat yang dihadiri oleh perwakilan pengusaha dan serikat pekerja UMK Batam 2017 sudah disepakati oleh Perwakilan pengusaha mengajukan nilai UMK sebesar Rp 3.241.128 dan perwakilan pekerja mengusulkan Rp 3.498.118. Selanjutnya akan di ajukan ke wali kota batam untuk di sahkan UMK Batam untuk periode 2017 nominalya berapa yang akan digunakan, kemudian akan disahkan oleh gubernur.
Ikuti terus perkembangan UMK Batam 2017 sebelum di sahkan oleh walikota dan gubernur ini, semoga semua pihak bisa menerimanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini UMK Batam 2017

0 comments:

Post a Comment